Info

5 Cara Mengatasi Anak Takut Naik Pesawat, Orangtua Wajib Tahu

KOMPAS.com – Pesawat menjadi andalan banyak orang saat mudik Lebaran. Namun, ini bisa menjadi PR bagi orangtua bila mudik bersama anak yang takut naik pesawat.

Anak seringkali merengek bahkan ketakutan saat hendak masuk ke pesawat. Jika tidak dicegah, anak bisa menimbulkan keributan di bandara atau di dalam kabin yang tentunya dapat mengganggu penumpang lain.

Ketakutan apa pun sebenarnya bisa dihadapi dengan pendekatan yang benar, termasuk anak takut naik pesawat.

Pendiri Children’s and Adult Center for OCD and Anxiety, Dr. Tamar Chansky, punya cara supaya orangtua bisa membuat anaknya “bersahabat” dengan pesawat. Simak yang satu ini.

1. Ketahui dulu pemicunya

Setiap akibat, pasti ada sebab. Begitu pula dalam kasus anak yang ketakutan diajak mudik menggunakan pesawat.

Orangtua sebagai sosok paling dekat dengan buah hatinya pasti memahami bagaimana mencari pemicu ketakutan anak.

Mungkin saja anak takut dengan suara mesin pesawat karena masuk tidak melalui garbarata, fobia ketinggian, atau takut jatuh dari langit.

2. Berikan edukasi

Sangatlah wajar apabila akan merasakan kecemasan ketika terbang di langit. Takut yang dirasakan mungkin disebabkan oleh ketidaktahuan anak tentang pesawat.

Mumpung anak masih kecil, orangtua wajib memberikan edukasi bahwa pesawat adalah moda transportasi paling aman.

Katakan juga pada anak bahwa di atas ketinggian ia bisa melihat pemandangan, laut, dan gunung secara lebih indah.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Prize oke punya Keluaran SGP 2020 – 2021. Undian besar yang lain tampil dipandang secara terstruktur via pengumuman yang kami letakkan pada web itu, serta juga bisa ditanyakan pada petugas LiveChat support kami yang menjaga 24 jam On-line untuk melayani segala maksud antara visitor. Yuk segera gabung, & menangkan bonus Toto & Kasino On-line terhebat yg terdapat di tempat kita.