Info

5 Kondisi Perempuan Perlu ke Dokter Kandungan Meski Masih Lajang

KOMPAS.com – Masih banyak perempuan belum terlalu memperhatikan kesehatan reproduksinya. Kebanyakan di antaranya merasa belum perlu melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi karena belum menikah.

Padahal, ada beberapa kondisi yang membuat seorang perempuan perlu memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) atau dokter kandungan.

Belum lama ini, sebuah unggahan di Twitter mengajak perempuan untuk tidak ragu pergi ke dokter Obgyn meski belum menikah, untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi.

Gue abis cek USG!! Mau kasih tau, penting banget buat rutin cek ke dokter obgyn minimal setahun sekali, karena menyangkut kesehatan diri sendiri dan kalau mau punya anak, juga menyangkut kesehatan anak di masa depan nanti.”

Gue kesini (dokter Obgyn) karena gue kalo lagi menstruasi tuh bisa ampe tumpah-tumpah, banyak banget. Jadi akhirnya kakak gue ajak gue buat periksa rahim, Alhamdulillah normal dan sehat. Ternyata penyebabnya? Obesitas dan gaya hidup pas masih remaja. Iya, dampaknya sekarang,” demikian isi tweet tersebut.

Kapan perlu periksa kesehatan reproduksi?

SHUTTERSTOCK/ANNAVEL Penting bagi perempuan untuk melakukan skrining demi mengidentifikasi potensi masalah kesehatan, misalnya untuk mendeteksi kanker payudara, kanker serviks, dan organ reproduksi secara umum.

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), kesehatan reproduksi adalah kegiatan peningkatan kualitas kesehatan reproduksi, termasuk di dalamnya peningkatan kualitas hidup ibu, bayi, dan anak, pencegahan penyakit menular seksual dan HIV AIDS, pencegahan kanker alat reproduksi, dan penanggulangan infertilitas.

Jadi, kondisi apa saja yang membuat seorang perempuan perlu melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi, termasuk jika belum menikah?

Dr Muhammad Yusuf, Sp OG (K) Onk menuturkan, menurut rujukan dari berbagai perkumpulan dokter kandungan, tidak ada standar interval khusus kapan seorang perempuan disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi.

Namun, perempuan tetap dianjurkan melakukan skrining untuk mengidentifikasi potensi masalah kesehatan, misalnya untuk mendeteksi kanker payudara, kanker serviks, dan organ reproduksi secara umum.

Kanker payudara, misalnya, bisa terjadi bahkan pada perempuan remaja, terutama jika memiliki riwayat kanker payudara di keluarga.


Info spesial Result SGP 2020 – 2021. Diskon mantap lain-lain tampak diamati dengan terstruktur via informasi yg kita sisipkan di website itu, lalu juga dapat ditanyakan terhadap layanan LiveChat support kita yg siaga 24 jam On-line dapat mengservis segala kepentingan antara player. Lanjut buruan sign-up, serta kenakan diskon serta Live Casino On-line tergede yg tersedia di situs kita.