Info

6 Cara Melupakan Masa Lalu dan Hidup Tanpa Penyesalan

KOMPAS.com – Pengalaman kehidupan setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang merasa mudah untuk move on setelah melalui pengalaman yang menantang, sementara lainnya merasa sulit melupakan masa lalu.

Pada akhirnya, mereka yang sulit melupakan masa lalu merasakan dampak buruk pada kesehatan mentalnya.

Kejadian signifikan di masa lalu memang bisa meninggalkan luka emosional, yang jika dibiarkan menumpuk dapat menjadi beban emosional.

Melupakan masa lalu bukanlah sesuatu yang mustahil.

Urvashi, seorang pelatih kesejahteraan emosional membagikan sejumlah cara melupakan masa lalu yang dapat dipraktikkan.

Melansir Pinkvilla, ini melibatkan latihan rasa belas diri dan kesadaran (mindfulness) sebagai cara untuk fokus pada saat ini, bukan masa lalu, atau kita juga bisa mencari bantuan profesional untuk mengeksplorasi emosi yang belum terselesaikan.

1. Menerima emosi

Ingatan tentang kejadian di masa lalu bisa memicu emosi yang kuat. Biarkan diri kita merasakan perasaan itu tanpa syarat. Jangan coba melawan atau memperbaikinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini merupakan langkah penting untuk memproses apa yang terjadi.

Mungkin cara ini memang sulit. Oleh karena itu, kita bisa memilih mengungkapkan perasaan ini di tempat yang aman, seperti menulis lewat jurnal, kepada teman tepercaya, atau kepada terapis dan psikolog.

Baca juga: Memahami Mindfulness dalam Lari

2. Bertanggung jawab

Bertanggung jawab penuh atas emosi yang kita rasakan bisa sangat membantu.

Undian besar Data SGP 2020 – 2021. Hadiah spesial lainnya hadir diperhatikan dengan terpola lewat banner yg kita umumkan pada web itu, dan juga dapat dichat kepada layanan LiveChat support kita yg ada 24 jam On-line untuk melayani semua kebutuhan para bettor. Lanjut segera join, & dapatkan diskon Lotre & Kasino On-line terbesar yg hadir di website kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *