Info

7 Hal Penyebab Kehamilan Meski Sudah Pakai Kondom

KOMPAS.com – Sejumlah pasangan yang hendak menunda kehamilan memilih menggunakan kondom ketika bercinta. Alat kontrasepsi yang satu ini dinilai efektif mencegah kehamilan.

Tapi sebenarnya, tetap ada risiko kehamilan meskipun sudah memakai kondom ketika bercinta.

Sebagian besar penyebabnya karena cara pemakaian yang salah dan adanya kerusakan pada kondom.

Menurut Planned Parenthood, kondom eksternal yang biasa dipakai oleh laki-laki efektif mencegah kehamilan hingga 98 persen.

Tapi peluang terjadinya kehamilan masih ada karena sejumlah laki-laki tidak memakai kondom dengan cara yang benar.

Berikut tujuh 7 hal yang harus diperhatikan agar pemakaian kondom efektif mencegah kehamilan:

1. Ukuran

Penting untuk memakai kondom dengan ukuran tepat. Produsen kodom biasanya menyediakan dua ukuran yang dikenal dengan istilah ‘pas’ dan ‘XXL’.

Memang tidak dijelaskan secara detail ukuran kondom. Tapi kebanyakan kondom ukuran standar cocok untuk sebagian besar penis.

Ketika dipakai, kondom seharusnya meregang dan panjangnya pas dengan penis. Apabila ternyata ukuran penis lebih panjang dari kondom, maka seharusnya memilih kondom XXL.

Tapi beberapa laki-laki dengan penis lebih besar ada yang memilih memakai kondom ukuran standar agar lebih ketat.

Sebaliknya, ada laki-laki yang tidak nyaman memakai kondom ukuran pas. Mereka memilih memakai kondom yang berukuran lebih besar.

Hal inilah yang kemudian bisa meningkatkan risiko kehamilan walau sudah memakai kondom.

Oleh karenanya, penting untuk menyesuaikan ukuran kondom dengan ukuran penis.

Baca juga: Memilih Kondom yang Sesuai Ukuran Penis

2. Penyimpanan

Beberapa laki-laki menyimpan kondom di dompet untuk keadaan “darurat”. Tapi ternyata itu bukan cara yang baik untuk menyimpan kondom.

Panas tubuh dan gesekan dapat merusak kondom karena dompet cenderung diletakkan di kantung celana. Dengan begitu dapat menurunkan kualitas kondom.

Tidak disarankan pula untuk menyimpan kondom di dalam mobil, kamar mandi, atau saku dalam waktu yang lama. Sebaiknya, simpan kondom di tempat yang sejuk seperti laci atau lemari.

Lalu apabila berencana bepergian dan bercinta di tempat lain, masukkan kondom ke tempat perlengkapan mandi, dompet koin, atau kantung di samping tas beberapa jam sebelum digunakan.

Baca juga: 4 Kesalahan Sederhana yang Berisiko Saat Pakai Kondom

Cashback mantap Result SGP 2020 – 2021. Bonus spesial yang lain tampak dilihat secara terpola lewat pengumuman yang kita lampirkan pada web tersebut, lalu juga bisa dichat pada layanan LiveChat pendukung kita yang ada 24 jam Online dapat meladeni semua keperluan para tamu. Yuk buruan gabung, serta menangkan jackpot serta Kasino Online terbesar yg tersedia di website kami.