Info

Benarkah Mandi Air Dingin Meredakan Kebingungan?

KOMPAS. com – Mandi tirta dingin terbukti membuat tubuh terasa segar dan bisa membantu menyenangkan nyeri otot setelah kita berolahraga.

Selain itu, tersedia beberapa penelitian yang mengungkapkan masa mandi air dingin dapat membangun dalam pengobatan kecemasan sebagai terapi air atau hidroterapi.

Kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan ketakutan dan kewaswasan berlebihan.

Walau kecemasan serta stres adalah hal normal pada hidup, tapi jika berubah menjadi gangguan kecemasan malah dapat mengusik aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Istimewa, Pahamilah Batasan Kecemasan yang Tidak Normal

Terkadang, gangguan kecemasan menyulitkan seseorang untuk berpartisipasi dalam pekerjaan serta aktivitas sosial.

Kecemasan kronis biasanya ditangani secara berbagai cara oleh ahli kesehatan mental. Namun, terapi komplementer laksana mandi air dingin dianggap dapat membantu dan melengkapi pengobatan.

Mandi air dingin untuk mengatasi kecemasan kronis berasal dari cara pengobatan Ayurveda. Secara teori, mandi air dingin dapat membantu meminimalkan gejala kecemasan.

Satu studi tahun 2008 dengan meninjau peran hidroterapi dalam pengobatan depresi, melihat perbaikan gejala pada peserta.

Pembaruan itu terjadi setelah beberapa minggu peserta menjalani hidroterapi yang terdiri dari sesi mandi air sejuk selama 2 – 3 menit pada suhu 20° C. Peserta mandi air dingin satu had dua kali per hari.

Membaca juga: Manfaat Mandi Air Santai yang Jarang Diketahui

Manfaat