Info

Cara Agar Kulit Tetap Lembab Walau Sering Mandi

 

KOMPAS.com – Mandi setelah berkegiatan di luar rumah menjadi kebiasaan baru banyak orang di masa pandemi. Namun, kebiasaan ini sebenarnya bisa membuat kulit menjadi kering. Ketahui tipsnya agar kelembaban kulit terjaga.

Menurut data, selama pandemi terjadi peningkatan tiga kali lipat kebiasaan mandi dibanding kondisi sebelum pandemi.

Dokter Arini Widodo Sp.KK, dermatologist, menjelaskan ada beberapa penyebab mengapa mandi bisa menyebabkan kulit kering.

“Hal ini disebabkan karena frekuensi mandinya sendiri, durasi waktu mandinya, suhu air yang terlalu panas, sampai pemilihan sabun yang tidak tepat,” kata Arini dalam acara talkshow yang digelar Zen Antibacterial Soap secara virtual (12/11/2021).

Selain itu, bertambahnya umur juga akan membuat kelembaban alami kulit berkurang.

“Bertambahnya umur membuat persentase kulit kering meningkat. Namun kulit kering bisa dirasakan semua jenis umur, termasuk anak,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Hujan

Pemakaian sabun yang keras juga bisa menghilangkan lemak dan minyak alami di kulit. Padahal, lemak kulit ini penting untuk menjaga kelembaban.

Kulit kering tentu tidak bisa diremehkan. Selain membuat kulit tidak nyaman karena ada perasaan tertarik, kondisi ini juga bisa menyebabkan lapisan pelindung (barrier) kulit rusak.

“Kulit merupakan proteksi terhadap berbagai bahan iritan, alergen, juga kuman dan bakteri, yang bisa masuk lewat kulit,”ujarnya.

Selain itu, kulit kering juga terlihat kusam, tidak kenyal, pecah-pecah, hingga gatal dan iritasi.

Cashback terkini Keluaran SGP 2020 – 2021. gede yang lain-lain tampak dipandang secara terprogram melalui info yang kami umumkan di web itu, dan juga siap ditanyakan terhadap teknisi LiveChat support kami yang stanby 24 jam On-line untuk meladeni segala maksud para bettor. Mari secepatnya gabung, & ambil bonus Undian & Live Casino Online terbesar yang nyata di lokasi kita.