Info

Dingin atau Hangat? Ini Suhu Kamar yang Ideal agar Tidur Nyenyak

KOMPAS.com – Tidur bisa menjadi persoalan yang berarti bagi banyak orang. Apalagi jika kesulitan tidur ini terus berlanjut hingga lama.

Kebanyakan orang berpikir sulit tidur mungkin disebabkan oleh banyak pikiran. Tapi, suhu kamar ternyata juga ikut memengaruhi.

Beberapa orang merasa suhu kamar yang dingin bisa membuatnya terlelap dengan cepat. Tapi, tidak sedikit pula yang menyukai suhu hangat di kamar.

Lantas, dari dua pilihan tersebut, manakah suhu kamar yang paling ideal untuk tidur bisa nyenyak?

Dokter spesialis tidur Funke Afolabi-Brown, MD menyarankan orang-orang untuk menjaga suhu kamarnya di kisaran 18,3 derajat Celcius.

Tapi, suhu tersebut dikatakan Afolabi-Brown masih bisa dirubah apabila dirasa terlalu dingin bagi tubuh.

Ia menyarankan, saat suhu kamar dinaikkan atau diturunkan, suhu sebaiknya berada di kisaran 15,5-22,2 derajat Celcius.

Tujuannya untuk membantu menciptakan lingkungan yang tepat untuk tidur dan menyesuaikan pola suhu inti tubuh.

“Kisaran ini sangat ideal karena variasi suhu inti tubuh, yang diatur oleh ritme sirkadian, turun di malam hari dan bertepatan dengan sekresi melatonin otak” jelas Afolabi-Brown.

“Memiliki lingkungan kamar yang sejuk semakin mendorong penurunan suhu ini dan meningkatkan kualitas tidur kita,” sambungnya.

Bonus harian Keluaran SGP 2020 – 2021. Prediksi khusus lain-lain ada dipandang secara terstruktur melewati informasi yang kami letakkan dalam laman tersebut, serta juga siap dichat pada layanan LiveChat pendukung kami yg menjaga 24 jam On the internet buat melayani segala kepentingan antara tamu. Lanjut langsung daftar, serta ambil bonus Lotere dan Live Casino Online terhebat yang terdapat di lokasi kita.