Info

Kenali Rasa Gatal di Tubuh, Bisa Jadi Pertanda Berbagai Penyakit

KOMPAS.com – Rasa gatal di kulit terkadang muncul di bagian tubuh tertentu. Namun pada beberapa kasus, seluruh tubuh bisa mengalami gatal-gatal.

Tak jarang, kulit yang gatal juga menimbulkan bekas seperti ruam atau kemerahan di kulit, dan bentol-bentol.

Gatal-gatal di kulit umumnya dipicu oleh kondisi kulit yang kering, iritasi, alergi, atau gigitan dari makhluk kecil seperti serangga.

Faktor penuaan turut memengaruhi munculnya rasa gatal di kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon akan berubah dan kulit menjadi lebih tipis dan kering.

Baca juga: Turun Berat Badan Bisa Sebabkan Kulit Gatal, Ini 3 Penyebabnya

Hanya saja, efek penuaan bisa diatasi dengan menggunakan pelembap secara teratur untuk merawat kulit.

Dalam kasus lain, gatal bisa menandakan adanya masalah medis yang harus didiagnosis oleh dokter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Biasanya, rasa gatal berasal dari kulit kering, namun reaksi terhadap obat-obatan dan masalah bawaan lain juga dapat menyebabkan gatal-gatal,” ujar dermatologis Shilpi Khetarpal, MD.

“Rasa gatal ini adalah gejala yang sebaiknya tidak kita abaikan, terutama jika hal itu berlanjut untuk jangka waktu lama.”

Cara meredakan kulit kering yang terasa gatal

Kulit kering adalah penyebab utama rasa gatal di kulit. Tetapi, banyak faktor lain yang dapat memicu rasa gatal di seluruh tubuh:

– Mandi air panas

Permainan hari ini Result SGP 2020 – 2021. Promo paus yang lain tersedia diperhatikan dengan terpola melalui informasi yang kami letakkan dalam web itu, serta juga dapat ditanyakan terhadap layanan LiveChat support kita yg siaga 24 jam On the internet dapat melayani segala maksud antara pengunjung. Mari langsung sign-up, & dapatkan cashback Lotre & Kasino On-line terbesar yang hadir di tempat kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *