Info

Long Covid atau Tidak, Kapan Perlu Konsultasi?

KOMPAS.com – Sebagian orang yang terinfeksi Covid-19 masih merasakan gejala menetap setelah dinyatakan sembuh. Kondisi tersebut kerap disebut sebagai long covid.

Long covid berpotensi menurunkan kualitas hidup seseorang, terutama jika orang tersebut mengalami gangguan fungsi organ selama terinfeksi.

Lalu, bagaimana mengetahui diri kita terkena long covid atau tidak?

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari RSCM, dr Eric Daniel Tenda, PhD, SpPD, FINASIM, kita disebut mengalami long covid apabila masih merasakan gejala Covid-19 menetap lebih dari empat minggu setelah infeksi awal atau gejala awal. Gejala dapat bertahan hingga 12 minggu atau lebih.

“Long covid itu empat minggu pascainfeksi akut sampai 12 minggu atau lebih. Kalau gejala masih ada silakan konsultasi ke dokter.”

Demikian diungkapkan Eric pada sesi Q&A Long Covid-19 dan Pemulihan Pasca Covid-19 di Instagram Kementerian Kesehatan, Rabu (11/08/2021).

Baca juga: Long Covid Lebih Mungkin Terjadi Jika Seseorang Alami Kondisi Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, kapan kita memerlukan konsultasi untuk mengetahui apakah mengalami long covid atau tidak?

Eric menjelaskan, ada dua kelompok besar, yakni orang usia lanjut dan muda. Penjelasan rincinya sebagai berikut:

  • Orang lanjut usia dengan penyakit penyerta (komorbid) dan mendapatkan perawatan saat terinfeksi dapat melakukan kontrol satu minggu setelah perawatan.
  • Orang lanjut usia dengan komorbid tapi tanpa gejala dapat melakukan kontrol tiga bulan setelahnya.
  • Orang usia muda tanpa komorbid tapi mendapatkan perawatan ketika terinfeksi dapat melakukan kontrol satu minggu setelah perawatan.
  • Orang usia muda tanpa komorbid dan tanpa gejala dapat melakukan kontrol jika muncul gejala.

Eric menekankan pentingnya vaksinasi untuk mengurangi keparahan gejala Covid-19. Sebab, pasien yang perlu perawatan di rumah sakit ketika terinfeksi Covid-19 kebanyakan belum mendapatkan vaksin.

“Jadi yang belum vaksin, vaksinlah sesegera mungkin. Karena dari yang saya lihat dan dialami pasien saya, pasien yang masuk kebanyakan pasien yang belum divaksin.”

Permainan spesial Data SGP 2020 – 2021. Hadiah harian yang lain-lain tampak diperhatikan dengan terjadwal melewati banner yang kita sampaikan pada website ini, lalu juga bisa ditanyakan kepada operator LiveChat pendukung kita yg menjaga 24 jam On-line buat melayani segala keperluan para bettor. Ayo buruan sign-up, dan dapatkan prize Lotere dan Live Casino On the internet terbesar yang tersedia di website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *