Info

Mana Lebih Cerdas, Anjing atau Kucing?

KOMPAS. com – Perdebatan menimpa tingkat kecerdasan kucing dan anjing selalu menarik diperbincangkan. Pecinta asu cenderung mengatakan bahwa anjing bertambah pintar daripada kucing. Begitu juga dengan mereka yang menyukai kucing, pasti berpendapat sebaliknya.

Lantas, hewan mana yang lebih pintar? Anjing atau kucing? Para-para peneliti masih terus menggali kecerdikan kedua hewan tersebut.

“Jawaban yang dapat diberikan hewan kepada kita tentang kemampuannya hanya sebaik pertanyaan yang kita ajukan kepadanya, ” sebut Dr Annie Valuska, PhD, pakar karakter hewan peliharaan.

“Mungkin anjing lebih unggul dari kucing karena penelitian dilakukan di lingkungan laboratorium. ”

Baca juga: Ingin Lama Umur, Peliharalah Anjing

“Kucing adalah hewan mangsa yang memiliki rangkaian respons perilaku dalam situasi yang berpotensi menakutkan, menyebabkan kucing tidak mengikuti (di laboratorium). ”

Melihat kecerdasan anjing & kucing

Pada bani adam, kecerdasan umumnya mengacu pada kemahiran mengingat detail seperti fakta, dan kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dan kreatif.

Penelitian biasanya menguji apakah asu atau kucing dapat mempelajari suruhan atau melakukan tugas tertentu.

“Anjing biasanya diperkenalkan dengan orang asing dan wadah asing sebagai bagian dari kehidupan sehari-harinya dan memiliki sejarah lama dengan manusia selama evolusi marga kita, ” jelas Valuska.

Menangkap juga: Lebih dari 23. 000 Tahun Lalu Anjing telah Siap Jinak dan Temani Manusia Pindah

“Anjing juga sudah dibiakkan secara diskriminatif untuk ciri-ciri perilaku tertentu. Hasilnya? Anjing bisa dilatih ketika para ilmuwan ingin membawanya ke laboratorium atau menghampiri kandang hewan itu dan memintanya tampil. ”