Info

Memutuskan Camilan untuk Anak, Apa dengan Harus Diperhatikan?

KOMPAS. com – Menetapkan memenuhi asupan nutrisi harian, anak-anak membutuhkan camilan sebagai makanan tambahan, di samping makanan pokoknya.

Meski begitu, pemilihan camilan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, apabila tidak tepat, oleh karena itu camilan justru dapat menjadi penyebab penyakit bagi anak-anak.

Nah, berserakan bagaimana sebenarnya konsumsi camilan dengan ideal bagi anak-anak setiap harinya?

Dokter spesialis bujang, Dr Attila Dewanti, SpA(K) mengatakan, anak-anak sebaiknya mengonsumsi camilan sebesar dua kali sehari.

Mengaji juga: Resep Dimsum Makaroni, Camilan Sehat Anak yang Mengenyangkan

Waktu santap camilan adalah di antara makan pagi ke makan siang, dan era sore hari.

Selain itu, pilihlah camilan dengan nilai gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan angka kecukupan gizi (AKG) untuk anak-anak.

“Kandungan gula yang dikonsumsi tidak boleh lebih dari 50 gram per hari atau setara dengan empat sendok makan, serta asupan kalorinya cuma sebesar 330 per hari. ”

Demikian dikatakan Atilla dalam konferensi pers virtual bersama-sama Paddle Pop melalui aplikasi Zoom , Jumat (22/1/2021) kemarin.

Secara istimewa, Atilla merekomendasikan agar anak-anak memperoleh camilan dengan kandungan susu serta buah.

“Susu memiliki kalori dan kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang. Kemudian, buah itu baik dikonsumsi untuk tumbuh kembang anak-anak, ” kata dia.

Baca juga: Kacang Tanah, Camilan Sehat untuk Awak yang Sedang Diet