Info

Naik Turun Berat Badan Itu Normal, Ini 6 Hal yang Jadi Penyebabnya

KOMPAS.com – Setiap orang pasti pernah mengalami fluktuasi atau naik turun berat badan, terlepas dari diet atau gaya hidup yang dijalani sehari-hari.

Faktanya, fluktuasi adalah kejadian yang benar-benar alami dan normal dengan sejumlah penyebab yang mendasarinya.

“Berat badan kita akan berfluktuasi antara 1-3 persen setiap hari, terlepas dari perubahan komposisi tubuh (rasio berapa banyak lemak tubuh terhadap otot yang kita miliki),” jelas pelatih pribadi dan manajer pendidikan pelatih Ultimate Performance, Emily Servante.

Meski demikian, fluktuasi berat badan tidak selalu mudah untuk dipahami, apalagi bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Untungnya, ada alasan yang mudah dijelaskan mengapa fluktuasi berat badan bisa terjadi dan itu merupakan hal yang normal.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa penyebab berat badan kita berfluktuasi, seperti yang dilansir dari laman Women’s Health.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Mengonsumsi lebih banyak makanan padat kalori

Makanan padat kalori (alias makanan yang memiliki rasio kalori tinggi) cenderung mengandung kadar natrium (garam) yang lebih tinggi.

Ini dapat menyebabkan tubuh kita menahan air dan muncul sebagai peningkatan skala berat badan.

“Banyak hal yang mempengaruhi aliran air masuk dan keluar dari sel kita, tergantung berapa banyak air yang kita simpan saat kita minum,” terang ahli gizi terdaftar dan pendiri City Dieticians, Sophie Medlin.

Undian hari ini Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Bonus terkini lainnya dapat dipandang dengan terencana melalui banner yg kami sisipkan di web tersebut, lalu juga siap ditanyakan pada teknisi LiveChat support kita yg menunggu 24 jam On-line untuk mengservis semua kepentingan para visitor. Ayo cepetan gabung, dan menangkan promo Buntut dan Kasino On-line terbesar yg tampil di lokasi kami.