Info

Nonton TV Sampai Tertidur Memicu Perkara Kesehatan, Ini Penjelasannya

KOMPAS. com — Menonton film dan drama favorit di televisi setelah melewati keadaan yang melelahkan memang terasa menyenangkan. Tertidur di depan TV pra menyelesaikan film yang ditonton barangkali sudah jadi kebiasaan banyak orang.

Menurut National Sleep Foundation, dua pertiga orang kala di seluruh dunia tertidur pada depan televisi mereka. Mendengar pandangan TV sebagai latar belakang masa kita akan tertidur memang membuat nyaman.

Kebisingan, alur cerita, dan rasa kebersamaan sanggup membantu menenangkan banyak orang had mereka tertidur.

Kebiasaan ini tampak tak berbahaya. Namun rupanya, kejadian ini menjadi penyebab sejumlah urusan tidur, yang pada akhirnya sanggup mengurangi kualitas dan kuantitas terbaring kita.

Menyalakan TV sebelum tidur dapat membakar kita untuk begadang lebih periode dari biasanya. Terlebih jika penasaran dengan kisah drama favorit dengan membuat kita ingin menyaksikan kepala eposide lagi, hingga akhirnya periode tidur pun mundur.

Selain itu, jenis tayangan yang ditonton sebelum tidur pula dapat memengaruhi kualitas tidur. Tertidur setelah menyaksikan adegan kekerasan ataupun ketegangan dapat menimbulkan perasaan was-was atau tidak nyaman, yang mengakibatkan sulit untuk tidur.

Baca juga: Kenali, Penyebab Gangguan Tidur Selama Pandemi dan Cara Mengatasinya

Terakhir, dan yang paling menonjol adalah cahaya dengan terang, juga disebut cahaya ningrat, dari TV memengaruhi kualitas tidur dengan mengganggu ritme sirkadian wajar tubuh.

Kala kita mengantuk dan merasa sudah waktunya untuk tidur, tubuh tiba memproduksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang dibuat di otak serta tujuannya adalah membantu tertidur.

Produksi melatonin meningkat pada sore hari dan malam hari dan mulai menyusut di pagi hari saat matahari terbit dan tubuh akan merasakan hampir waktunya untuk bangun.

Cahaya biru yang dihasilkan oleh TV akan mengusik produksi melatonin tubuh, dan mengelabui otak agar berpikir bahwa sesungguhnya belum waktunya untuk tidur.