Info

Pertama di Dunia, Transplantasi Jantung Babi pada Manusia

KOMPAS.com – Seorang pria asal Maryland, Amerika Serikat menjadi orang pertama yang hidup dengan jantung babi di dalam tubuhnya.

Ya, pria bernama David Bennet itu baru saja melakukan transplatasi, di mana jantung seekor babi yang dimodifikasi secara genetik digunakan sebagai organ pengganti.

Pria berusia 57 tahun itu setuju untuk melakukan operasi transplantasi yang berisiko tinggi tersebut, dengan harapan bisa kembali ke rumah dan bertemu dengan anjing kesayangannya, Lucky.

Dalam operasi selama sembilan jam yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Maryland, para dokter sukses memakai jantung dari seekor babi berusia satu tahun berbobot 108 kilogram, yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini.

Awalnya, Bennet tidak ingin melakukan operasi percobaan ini mengingat pekerjaannya yang bergantung pada kekuatan fisik.

Namun, rupanya dua bulan berasa di rumah sakit membuat operasi apa pun menjadi berisiko, dan dia mengaku tak ingin meninggal di meja operasi.

Setelah itu, pikiran Bennet pun mulai berubah dan menyadari bahwa operasi itu adalah opsi terbaik baginya. Bahkan,dia mulai berpikir untuk membantu orang lain dengan operasi itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apapun yang terjadi nantinya, saya ingin membantu orang lain,” ujar Bennet pada putranya sebelum operasi dimulai.

Namun nyatanya, kini Bennett berhasil bernapas tanpa bantuan ventilator.

Meski, menurut laporan USA Today, pria ini masih harus menggunakan mesin ECMO untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh.

Cashback terbesar Result SGP 2020 – 2021. Prize spesial yang lain tersedia dipandang dengan terprogram via iklan yg kami sisipkan dalam website itu, lalu juga siap ditanyakan terhadap operator LiveChat pendukung kami yg siaga 24 jam On-line dapat mengservis segala kebutuhan antara visitor. Ayo segera daftar, dan kenakan cashback Undian serta Kasino On-line terbesar yg nyata di tempat kita.