Info

Stres Bikin Pasangan Tak Lagi Saling Mendukung

KOMPAS.com – Hubungan yang langgeng butuh banyak usaha dari masing-masing pihak, termasuk kemauan untuk saling memberikan dukungan.

Namun, untuk memberikan dukungan yang berkualitas, seseorang perlu memberikan perhatian yang cermat, peka saat pasangan memang sedang butuh dukungan, serta melakukannya dengan cara yang tepat waktu dan sensitif.

Hal tersebut akan sulit dilakukan jika salah satunya mengalami masalah psikologis seperti stres, kecemasan, bahkan depresi.

“Stres terutama stres kronis memang tak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita, tetapi juga memengaruhi kemampuan kita untuk memberikan dukungan kepada pasangan,” kata psikolog Arash Emamzadeh.

Jika ini yang terjadi, maka pasangan akan merasa diabaikan dan tidak didukung. 

Baca juga: Cegah Konflik, Ini 3 Cara Meminta Maaf pada Pasangan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin edisi November 2021 meneliti efek stres pada dukungan dalam hubungan percintaan, khususnya pernikahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temuan dari studi tersebut juga menyimpulkan bahwa stres memengaruhi kesadaran atau kepekaan terhadap kebutuhan pasangan untuk didukung.

Efek stres pada penyediaan dukungan dalam pernikahan

Hasilnya menunjukkan bahwa suami yang stres kronis cenderung tidak bisa merasakan perubahan sehari-hari dalam kebutuhan istri mereka akan dukungan.

Data tersebut juga mengungkapkan perbedaan antara stres kronis dan stres harian.

“Stres kronis dapat menurunkan persepsi suami tentang kebutuhan pasangan mereka akan dukungan. Namun, stres harian tidak,” ungkap Arash.

Bonus paus Result SGP 2020 – 2021. Permainan terbaik lainnya ada diamati secara berkala melalui informasi yang kita tempatkan pada situs tersebut, dan juga dapat ditanyakan pada petugas LiveChat pendukung kita yang menjaga 24 jam Online guna meladeni segala keperluan antara bettor. Mari buruan sign-up, serta dapatkan cashback Lotre dan Kasino On-line terbaik yg ada di lokasi kita.