Info

Sudah Divaksin Covid-19, Bisakah Tularkan Virus ke Orang Lain?

KOMPAS. com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 telah berjalan di banyak negara serta Indonesia sendiri. Namun, masih banyak pertanyaan dan keraguan masyarakat akan efektivitas vaksin ini, salah satunya apakah setelah divaksin masih bisa menularkan virus ke orang asing.

Pada dasarnya seseorang yang sudah disuntik vaksin mampu lebih kebal terhadap sebuah keburukan.

Namun, jika dihubungkan dengan virus corona, ahli dan peneliti belum menemukan jawaban seputar keampuhan vaksin Covid-19.

Perkara lain yang banyak muncul merupakan perlukah kita disuntik vaksin Covid-19 untuk kedua kalinya jika kita terinfeksi virus setelah mendapat jumlah vaksin pertama?

Ahli penyakit paru Jafar Abunasser, MD, mencoba menjawab dua pertanyaan tersebut.

Sebagai catatan, dia adalah salah utama dokter di AS yang telah menerima vaksin Covid-19.

Abunasser mengatakan, jika seseorang terinfeksi Covid-19 setelah mendapat suntikan vaksin, maka orang tersebut bisa disuntik vaksin virus corona untuk kedua kali.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19, Berapa Nakes yang Sudah Registrasi & Divaksin?

Jika gejala virus corona lelap sekitar tiga atau empat minggu setelah dosis vaksin pertama diberikan, kita dapat menerima dosis ke-2 vaksin.

Tetapi, jika kita memiliki reaksi alergi terhadap dosis vaksin pertama, merasai sakit parah akibat Covid-19 dan menerima infus obat antibodi, ataupun gangguan medis yang kronis, sepatutnya tidak menerima dosis vaksin ke-2.

Abunasser mengajukan agar pemberian dosis vaksin ke-2 ditunda sekitar 90 hari.