Info

Tips Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Oleh: Alifia Putri Yudanti & Ristiana Dwi Putri

PERASAAN insecure atau tidak percaya diri kerap dialami oleh setiap orang dalam situasi apa pun. Insecure selalu membuat kita menjadi sosok yang tak mampu melakukan banyak hal. Hal tersebut tentu menyebabkan kepercayaan diri menjadi rendah.

Melansir dari Kalm, insecure dapat muncul karena kita merasa terancam saat melihat seseorang lebih baik dalam melakukan sesuatu sehingga timbul perasaan tidak mampu. Sebenarnya, perasaan insecure wajar terjadi. Bahkan, insecurity yang ditangani dengan tepat dapat memacu diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan semakin meningkatkan rasa percaya diri.

Baca juga: Jerawat dan Keberanian untuk Tampil Percaya Diri

Akan tetapi, yang menjadi masalah apabila seseorang memiliki rasa insecure yang berlebihan. Sikap ini dapat mengikis rasa kepercayaan diri dan selalu memandang diri dengan perasaan negatif. Saat melihat seseorang lebih hebat, kita justru meragukan kemampuan sendiri. Padahal, setiap orang hebat dalam bidangnya masing-masing.

Kondisi ini bahkan dapat semakin parah meskipun tidak ada pemicu di hadapan kita. Perasaan insecure dapat menghantui seseorang sehingga membuat kehidupan sosial terganggu. Bahkan, menurut penelitian Rahmah (2021), situasi pandemi membuat banyak perempuan merasa insecure akibat penampilan fisiknya sehingga berbondong-bondong membeli produk kecantikan yang belum tentu cocok di kulitnya.

Meskipun begitu, insecure tentu dapat diatasi dari diri sendiri atau bahkan dengan bantuan orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut tips-tips yang dapat dilakukan agar kepercayaan diri meningkat sehingga rasa insecure berkurang.

Menerima segala kekurangan diri

Setiap manusia tidaklah sempurna dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kita tidak bisa memproyeksikan diri dengan orang lain.

Terkadang, kita hanya melihat kekurangan diri yang menjadi kelebihan orang lain. Padahal, sebenarnya kita juga memiliki suatu kelebihan yang belum tentu orang tersebut punya.

Jadi, sebelum bisa mengembangkan kelebihan diri, menerima segala kekurangan terlebih dahulu patut dilakukan.

Baca juga: Saat Cekcok Bawa-bawa Jabatan, Psikolog: Tanda Tidak Percaya Diri yang Dilakukan Benar

Diskon hari ini Keluaran SGP 2020 – 2021. Prize terkini lain-lain tampak dipandang secara terstruktur lewat info yg kita tempatkan di web ini, lalu juga dapat dichat kepada teknisi LiveChat pendukung kita yang ada 24 jam On-line dapat mengservis seluruh kebutuhan para pengunjung. Mari segera gabung, serta menangkan diskon Buntut & Kasino On the internet terbaik yang ada di website kami.